Cara Atur Uang Hasil Jualan, Untung Lebih Maksimal



Mengatur uang dari keuntungan jualan, bukanlah sesuatu yang mudah. Salah satu alasannya adalah terdapat banyak detail transaksi yang harus dicatat dengan baik. Oleh karena itu, banyak juga para penjual yang tidak melakukannya karena dianggap cukup rumit dan memakan waktu. Padahal, dengan mencatat dan mengatur uang hasil jualan, kamu bisa melakukan evaluasi bisnis. 

 

Dari manajemen uang hasil jualan yang tidak terstruktur, juga akan menghambat perkembangan usaha, sebab perputaran uang tidak tercatat dengan baik progresnya. Salah satu hal yang bisa kamu manfaatkan untuk merasakan keuntungan hasil jualan adalah dengan melakukan investasi deposito. Nah, agar memiliki referensi yang lebih dalam mengenai manajemen uang hasil jualan, kamu dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatur Uang Hasil Jualan

Ketika kamu memulai usaha dengan berjualan, maka juga perlu mengetahui jika keuntungan hasil jualan tidak akan sama dalam setiap harinya. Akan ada hari di mana bisnis kamu sangat ramai dan tidak menutup kemungkinan juga sepi, sehingga keuntungannya juga terbatas. Nah, untuk membantu mengatur uang keuntungan hasil jualan, berikut ini ada beberapa hal yang dapat kamu coba lakukan. 

1.     Buat Perencanaan Umum

Salah satu hal yang termasuk dalam perencanaan keuangan secara umum adalah dengan membuat alokasi anggaran untuk setiap transaksi. Dengan adanya batasan anggaran, dapat membantu kegiatan belanja agar tidak berlebihan.

2.                 Perkuat Bisnis dengan Berbadan Hukum

Sebagai pelaku usaha perorangan, kamu dapat membuat bisnis yang sedang dikelola menjadi sebuah badan hukum. Salah satu keuntungan dengan adanya kekuatan hukum ini adalah ketika terjadi sengketa, terdapat pemisahan tanggungjawab dan menjadi salah satu bukti kredibilitas bisnis.

3.                 Susun Perencanaan Pendapatan

Dalam usaha jualan, kamu perlu membuat rencana pengelolaan pendapatan, sehingga semua keuntungan bisa dialokasikan dengan lebih bijak, misalkan dengan melakukan Investasi online. Hal lain yang juga dipertimbangkan adalah kebutuhan modal, penggajian karyawan hingga kebutuhan belanja usaha.

4.                 Perumusan Strategi Penjualan yang Komprehensif

Untuk membantu membuat rencana penjualan yang tepat, kamu dapat menggunakan jasa dari profesional pada bidang tersebut. Sebelum memilih tenaga ahli, kamu juga perlu untuk mencari tahu bagaimana rekam jejaknya karena dia nantinya juga akan memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan.

5.                 Analisis Keuntungan yang Cermat

Sebelum melakukan analisis keuntungan usaha jualan, kamu dapat menggunakan catatan arus kas, baik untuk pengeluaran maupun pemasukkan. Dengan adanya laporan keuangan tersebut, kamu bisa melihat semua transparansi keuangan. 

 

Tidak hanya itu saja, dari adanya catatan keuangan yang rapi dan cermat, kamu juga bisa melakukan evaluasi secara berkala, memantau kondisi keuangan bisnis hingga pengambilan keputusan untuk keberlanjutan dan pengembangan usaha.

6.                 Membuat Rekening Usaha

Ketika kamu mulai membuat usaha jualan, sebaiknya diikuti juga dengan pembuatan rekening khusus untuk bisnis tersebut. Jadi, rekening untuk kebutuhan pribadi dan bisnis, menggunakan rekening yang berbeda. Selain itu, rekening untuk bisnis biasanya memiliki benefit yang berbeda dibandingkan dengan rekening pribadi. 

 

Namun, jika belum sempat membuat rekening usaha, kamu bisa menggunakan cara lain, karena pada dasarnya adalah adanya tempat berbeda untuk memisahkan uang.

7.                 Buat Budgeting Berkala

Budgeting untuk bisnis, bisa kamu lakukan sejak memulai usaha jualan. Kemudian, setelah setahun atau ketika mulai merasa bisnis mengalami penurunan, kamu bisa melihat bagaimana kondisi keuangan, apakah semua transaksi sudah sesuai dengan budget yang ditetapkan atau ada kesalahan input data keuangan. 

8.                 Sisihkan Keuntungan Usaha di Instrumen Investasi

Untuk mengembangkan usaha jualan yang sedang dikelola, kamu juga dapat melakukan investasi dengan menggunakan uang pribadi maupun uang keuntungan hasil jualan. Berkembangnya sebuah bisnis, biasanya juga akan dibarengi dengan meningkatnya keuntungan nilai investasi. 

 

Ketika menggunakan instrumen investasi, kamu dapat membuat rencana keuangan pribadi untuk jangka panjang dan sekaligus membuat bisnis tetap bisa bergerak dengan baik. Namun ketika telah menyisihkan keuntungan uang jualan pada sebuah instrumen investasi, pastikan kamu telaten dalam mengembangkannya.

 



 

Ketika uang hasil jualan diatur dengan baik, maka kamu dapat mengevaluasi perkembangan bisnis dan menjaga agar usaha jualan tetap mendatangkan keuntungan, meskipun sudah dikelola selama bertahun-tahun. Seperti yang disampaikan di atas, bahwa salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kondisi finansial usaha jualan adalah dengan memisahkan rekening. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan keuntungan tersebut untuk melakukan investasi online rendah risiko, misalkan investasi deposito.

 

Salah satu tujuan dari melakukan investasi online adalah untuk mendapatkan penambahan nilai keuntungan yang semakin bertambah seiring bertambahnya waktu. Investasi deposito sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untuk digunakan menyimpan uang keuntungan hasil jualan.

 

Rekomendasi platform untuk melakukan investasi online adalah Aplikasi digibank by DBS. Kamu dapat memantau maupun mengaksesnya dengan mudah dan aman selama 24 jam setiap harinya. Keuntungan dari investasi deposito di  Aplikasi digibank by DBS, antara lain tersedia tenor mulai dari 1 bulan, besaran deposito mulai dari 1 juta rupiah, fitur nabung deposito bunga yang terbilang kompetitif, sampai dengan 5% per tahun. 

 

Selain deposito, ada juga 150 jenis produk investasi lainnya yang sudah terkurasi Infovesta dan kamu juga bisa konsultasi apa saja tentang investasi dengan digibank Advisor. Sehingga kamu tak perlu khawatir salah langkah dalam berinvestasi. Yuk, segera download Aplikasi digibank by DBS, dan baca selengkapnya di sini.




Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.